Share To

Mengapa Dana BPJS Hilang Kala Meninggal?

Mengapa Dana BPJS Hilang Kala Meninggal?

Salam,

Saya Tenno dari sumatra selatan. Saya ingin menanyakan, apakan iuran bpjs di kumpulkan setiap bulannya? Apabila nama yang terdaftar di BPJS meninggal dunia apa kan ada kompensasi dari BPJS?

Apabila asuransi kita bisa tarik dana yang sudah di kumpulkan setiap bulannya, (dalam jangka waktu yang ditentukan), apakah dana bpjs yang kita klaim, misalnya untuk berobat dananya akan hangus dengan begitu aja ? dan apakah tidak adanya pengembalian dana setelah 5 tahun /10 tahun /15 tahun dari BPJS?


Terimakasih,

TennoviXXXX@yahoo.co.id

Jawab

BPJS Kesehatan memiliki prinsip gotong royong. Artinya, peserta yang sehat membiayai peserta yang sakit, peserta yang mampu membiayai peserta yang kurang mampu.

Setiap bulan, iuran peserta BPJS Kesehatan digunakan untuk membiayai para peserta yang sedang sakit, membutuhkan biaya pengobatan yang besar, dan atau membutuhkan pelayanan kesehatan seumur hidup seperti penyandang hemofilia dan thalassemia. Sehingga, iuran bulanan dari para peserta BPJS Kesehatan tidak dapat dikembalikan karena digunakan untuk menutup pembiayaan peserta yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

BPJS Kesehatan tidak memberi santunan kepada peserta yang meninggal dunia, karena seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, iuran yang peserta tersebut bayarkan setiap bulan digunakan untuk mendanai peserta BPJS Kesehatan lainnya yang membutuhkan.

Meski demikian, BPJS Kesehatan menyediakan layanan pemulasaran jenazah dan pengantaran jenazah antar fasilitas kesehatan (bukan ke rumah duka).

Apabila dalam perawatan peserta BPJS Kesehatan meninggal dunia, maka biaya perawatannya di fasilitas kesehatan dapat menjadi tanggungan BPJS Kesehatan. Jika seorang peserta BPJS Kesehatan masuk rumah sakit karena kecelakaan, maka biaya perawatannya akan ditanggung oleh Jasa Raharja selaku penanggung pertama dan BPJS Kesehatan selaku penanggung kedua.

Hormat kami,

Departemen Komunikasi dan Hubungan Masyarakat
Grup Komunikasi dan Hubungan Antar Lembaga
BPJS Kesehatan Kantor Pusat


Program Tanya BPJS Kesehatan akan tayang setiap Rabu dan Jumat. Bagi Anda yang ingin bertanya mengenai BPJS Kesehatan, silahkan kirim email pertanyaan Anda ke redaksi health.liputan6@gmail.com. Terima Kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar